Membuat Kuis Game (menggunakan macromedia fash)
TAHAPAN KESATU [Membuat Kuis Game]Jika kalian telah membaca postingan-postingan sebelumnya, berarti kalian akan cukup mahir dalam pembuatan game Kuis ini. Ini sangat mudah karna Penulispun hanya melakukan sedikit trik dan imajenasi dalam pembuatan game ini, juga karna Kuis Game tak perlu memakai script yang panjang, dan membingungkan.-Langkah pertama.., kalian buat satu tombol button di frame ke satu dan buat satu tombol button lagi di frame kedua.-Langkah kedua..., sekarang kalian seleksi menggunakan “seleksi tool” tombol button yang kalian buat di frame kesatu, dan masuk pada jendela action. Klik action di pojok kiri bawah. Dalam jendela action ketikan script:on(press){gotoAndStop(2);}Penjelasan script :on(press) = ketika tombol button akan ditekan.gotoAndStop(2); = maka frame akan beralih ke frame kedua dan berhenti disana.{} = untuk menyatakan sebuah blok script, dimana blok script berfungsi sebagai penampung kumpulan perintah yang akan di jalankan.“;” = tanda ini berarti mengakhiri satu perintah yang akan di jalankan nanti.Dan sekarang coba beralih ke Stage kedua dengan cara mengklik frame kedua satu kali. Di Stage kedua yang tadi telah dibuat tombol button, coba seleksi tombol button itu dan klik pada jendela action, lalu tuliskan script :on(press){gotoAndStop(1);}Ini Belum selesai. Setelah kedua tombol button yang kalian buat telah diberi script, sekarang klik satu kali kotak frame kesatu, dan masuk pada jendela action, lalu ketikan action berikut :stop();klik juga kotak frame kedua, lalu masuk ke jendela action, lalu ketikan script itu juga. Hal ini bertujuan agar animasi Berhenti sempurna tepat di frame yang kita inginkan. Untuk masalah lompatan Frame yang berantakan, biasanya pemula lupa memakai script ini di frame mereka. Sehingga jika ia akan, lompat dari frame ke 10 ke frame 5, dalam artian lompatan mundur, maka tanpa memakai script “stop();” pada setiap frame yang lain, yang telah terisi. Kemungkinan besar dapat menyebabkan frame yang seharusnya tak terlihat, menjadi terlihat, atau melompat-lompat secara Looping (terus-menerus).Ada tambahan lagi. Kalian buat sebuah movie clip, lalu seleksi movie clip itu, lalu buka jendela action. Ketikan Script :onClipEvent(enterFrame){Mouse.hide();this._x=_root._xmouse;this._y=_root._ymouse;}Penjelasan Program :Mungkin secara mendetail akan saya di bahas pada artikel selanjutnya. Fungsi dari script ini sendiri adalah, membuat movie clip yang kamu buat tadi, menjadi animasi pengganti pointer mouse kamu dalam game. So Fun… :DJangan lupa juga. Jika ingin memasukan sebuah suara dalam game, harus berupa / berformat (.wav), dan cara memasukannya adalah. Klik File. Lalu klik Import. Lalu pilih Import to Library. Masukan suara yang kalian punya di dalam komputer kalian, lalu klik Open. Suara yang kalian ambil tadi, jika berhasil, maka akan langsung masuk pada jendela Library. [sekedar info. File suara saya dapatkan di ” SimsCarnivalGameCreator” . Memang itu adalah aplikasi pembuat game juga, yang waktu itu saya pernah pelajari, Namun kelemahan aplikasi ini, terdapat pada publish game itu sendiri, yang tak dapat kita tempel di jendela website kita dan tak bisa diubah ke format “EXE” seperti dalam flash. Namun kelebihannya, terdapat folder “suara-suara pengisi game yang cukup unik, dan compatible dengan Macromedia. Atau jika ingin buat suara sendiri, gampang gan…, kamu tinggal download Video Converter disini :http://aplikasi-ssundarkk.blogspot.com/2012/09/video-converter-ultimate-by-almavanxa.html Petunjuk pemakaian akan saya ulas, bila ada yang mau mencoba. Lanjut ke materi lagi. Nahh.., sekarang kamu tinggal mengklik kotak Frame kesatu, misalnya. Lalu klik / buka properties di pojok kiri bawah, di atas jendela “action” . Jika kamu tekan pilihan “Sound”, maka akan muncul sebuah nama file suara yang sudah kamu masukan tadi. Klik itu, dan kamu sudh mempunyai suara pembuka di frame kesatu. Efect tetap none. Dan pada bagian Repeat, bisa kamu ganti dengan Loop. Jika suara ingin keluar secara terus menerus. Dan untuk pilihan Repeat, disana kamu tinggal ganti angka “0” dengan jumlah suara yang ingin kalian ulang. Misal kalian menggantinya dengan “2”, maka suara akan di ulang sebanyak 2 kali, lalu berhenti.Penulis juga mencantumkan data Fla(mentahan asli), untuk latihan membuat Kuis Game ini. Silakan di download dan dipelajari… :DKlik = http://www.4shared.com/rar/ioZlRWbV/Latihan_Kuis_Game.html[data fla adalah mentahan asli, karna itulah jarang seseorang memberikan data ini secara gratis. Namun karna ini adalah latihan, saya berikan salah satu data fla saya. Mungkin kalian mau mengembangkannya. Link Download di “4shared”. Kalian harus daftar dulu disana, jika ingin mendownload. Dan kenapa memilih “4shared”, itu karna data kita akan abadi berada disana, tanpa peraturan yang mengesalkan, seperti di alamat postingan lain, ketika memakai yang Free…. ]CUKUP SEKIAN BAHASAN PENULIS TENTANG CARA MEMBUAT KUIS GAME DI MACROMEDIA. UNTUK HAL-HAL YANG MASIH SECRET TADI, PENULIS JANJI AKAN MEMBERIKAN SOLUSI TERBAIK SECEPATNYA. SEKARANG…, MARI KITA MEMBUAT GAME PERTAMA KITA…. :D[untuk mendownloaad Macromedia flash pro 8, saya akan beri sedikit linknya. http://www.mediafire.com/?0v2fs0dooq1ycar ini masih diragukan karna hanya bersize = 51,16 MB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar